Cara mengatasi hp atau ponsel android yang lambat

Terlihat bahwa Ponsel Android cepat dan lincah saat masih baru dan akhirnya menjadi sangat lambat, seiring bertambahnya usia. Anda akan menemukan di b

  Terlihat bahwa Ponsel Android cepat dan lincah saat masih baru dan akhirnya menjadi sangat lambat, seiring bertambahnya usia. Anda akan menemukan di bawah tips untuk Memperbaiki Ponsel atau Tablet Android yang lambat.

Cara mengatasi Ponsel atau Tablet Android Lambat

Cara mengatasi hp lemot


Ponsel atau Tablet Android dapat diklasifikasikan sebagai lambat, jika membutuhkan waktu lebih lama dari biasanya untuk membuka Aplikasi dan jika Anda dapat dengan jelas melihat penundaan saat beralih antar layar.


Meskipun perilaku ini lebih umum pada perangkat lama, perilaku ini juga dapat terjadi pada Ponsel dan Tablet Android baru, yang memiliki RAM dan kapasitas penyimpanan lebih besar dari rata-rata.


Anda harus dapat Memperbaiki Ponsel atau Tablet Android Lambat Anda, menggunakan langkah-langkah seperti yang disediakan di bawah ini.


1. Tutup Semua Aplikasi


Tergantung pada merek dan model Ponsel Android, Anda dapat menutup Semua Aplikasi dengan mengetuk tombol Tugas (di bezel bawah) atau dengan menggesek layar untuk mengakses opsi Hapus Semua atau Tutup Semua.


2. Mulai Ulang Ponsel Android


Memulai ulang perangkat membantu menghentikan proses dan Aplikasi yang macet, yang mungkin mencegah ponsel Anda berfungsi secara normal.


Matikan Perangkat Anda Sepenuhnya> Tunggu selama 30 detik> tekan Tombol Daya untuk Memulai Ulang perangkat Anda.


Memulai ulang perangkat pada dasarnya bertindak seperti proses pembersihan, mematikan proses yang macet, menyegarkan memori, dan memuat ulang sistem operasi di Ponsel Android Anda.


3. Instal Pembaruan


Pastikan perangkat Anda menjalankan sistem operasi Android versi terbaru.


Buka Pengaturan > Tentang Perangkat  > Pembaruan Perangkat Lunak  > Perbarui Sekarang opsi.


Tunggu perangkat Anda memeriksa pembaruan perangkat lunak dan menginstal pembaruan (jika tersedia).


4. Hapus Data Cache


Jika Anda belum membersihkan Cache di Ponsel Android Anda untuk sementara waktu, kemungkinan ada banyak cache yang sudah ketinggalan zaman, beberapa di antaranya bahkan mungkin rusak.


1. Buka Pengaturan > Penyimpanan  > Data Cache .


2. Pada pop-up konfirmasi, ketuk Hapus untuk menghapus semua Data Tembolok dari perangkat Anda.


5. Hapus Aplikasi yang Tidak Diinginkan


Selama periode waktu tertentu, Anda mungkin telah mengunduh banyak aplikasi di perangkat yang tidak lagi Anda gunakan. Semua Aplikasi yang tidak diinginkan dan tidak digunakan ini menggunakan sumber daya di perangkat Anda dan memperlambatnya.


1. Buka Pengaturan > Aplikasi  >  Manajer Aplikasi .


2. Pada layar Manajer Aplikasi, ketuk Aplikasi yang ingin Anda Hapus.

Demikian pula, hapus semua Aplikasi lain yang Anda yakini hanya ada di Ponsel Anda. Anda harus benar-benar bekerja keras dalam tugas ini dan Hapus semua Aplikasi yang belum Anda gunakan dalam 3 bulan terakhir.


Catatan: Anda selalu dapat mengunduh Aplikasi nanti jika Anda benar-benar membutuhkannya.


5. Hapus Bloatware


Sebagian besar produsen perangkat Android memiliki kecenderungan untuk memuat terlebih dahulu Aplikasi dan perangkat lunak versi mereka sendiri di perangkat mereka.


Sebagian besar Aplikasi yang dimuat sebelumnya ini akhirnya menjadi duplikat dari Aplikasi Android Standar yang datang dengan sistem Operasi.


Oleh karena itu, masuk akal untuk Nonaktifkan Aplikasi yang disediakan pabrikan, untuk mencegahnya menggunakan sumber daya di perangkat Anda.


1. Buka Pengaturan > Aplikasi >  Manajer Aplikasi .


2. Pada layar Manajer Aplikasi, ketuk Aplikasi Pabrikan yang ingin Anda Nonaktifkan.

3. Pada layar berikutnya, ketuk Nonaktifkan .

Jika Anda menderita perangkat yang lambat, sebaiknya nonaktifkan Aplikasi yang tidak akan pernah Anda gunakan.


6. Nonaktifkan Wallpaper Animasi


Meskipun memiliki wallpaper hidup atau animasi terlihat keren, akhirnya menggunakan sumber daya dan dapat memperlambat Ponsel Android Anda.


Buka Pengaturan >  Wallpaper > Pilih Wallpaper atau Foto Default, alih-alih memilih Wallpaper Hidup atau Animasi.


7. Nonaktifkan Widget


Tidak seperti Ikon Aplikasi, widget seperti Cuaca, Umpan Berita dan berjalan secara real time di perangkat Anda dan menghabiskan sumber daya.


1. Tekan dan tahan widget , hingga Anda melihat opsi Hapus .


2. Cukup, seret Widget ke Bagian Hapus dan letakkan di sana.


8. Bersihkan Penyimpanan Perangkat


Selama jangka waktu tertentu, penyimpanan fisik di Ponsel Android Anda kemungkinan akan diisi dengan Foto, Video, Tangkapan layar, dan File yang tidak Anda perlukan lagi.


Mengosongkan ruang penyimpanan di perangkat Android Anda dengan menghapus semua hal yang tidak diinginkan dapat berdampak baik pada kecepatan ponsel Anda.


Ini juga akan menciptakan lebih banyak ruang penyimpanan untuk hal-hal yang benar-benar perlu disimpan di Ponsel Android Anda.


9. Nonaktifkan Animasi


Mengurangi atau Menonaktifkan Animasi dapat menghasilkan peningkatan yang cukup besar dalam kecepatan Ponsel atau Tablet Android Anda.


Untuk Mengurangi atau Menonaktifkan animasi, Anda harus mengakses Opsi Pengembang di perangkat Anda.

Posting Komentar

Popular Post's

8 Karakter Utama Anime Classroom of the Elite
5 Prediksi tentang NFT, Bitcoin dan Crypto di tahun 2022
Aplikasi untuk mengatasi lag saat bermain game
Cara top up Gopay dari BCA yang benar
Sinopsis & Karakter anime Teppen!!!!!
close